Pembangkit Listrik

Inilah Fungsi Genset dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penggunaan genset semakin hari semakin meningkat diakibatkan kebutuhan manusia akan daya listrik juga semakin tinggi. Sehingga ketika listrik padam, otomatis manusia di zaman modern merasa kalang kabut mencari daya listrik untuk mengisi daya hp dan laptop serta menyalakan alat elektronik lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan genset diesel sebagai penyalur daya listrik cadangan di kehidupan sehari-hari, ada baiknya ketahui terlebih dahulu fungsinya.

  1. Segi Ekonomi

Ditinjau dari segi ekonomi, genset memiliki manfaat sebagai pendukung aktifitas produksi ketika listrik yang berasal dari PLN padam. Nah, hal tersebut menghambat aktifitas produksi sehingga pabrik tersebut tidak mampu menghasilkan barang produksinya lagi dalam jangka waktu beberapa jam ke depan. Apalagi jika pemadamannya diadakan bergilir, maka perusahaan tersebut bisa mengalami kerugian. Maka diperlukan genset sebagai penghasil daya listrik selain PLN agar pabrik tersebut tidak terhambat proses produksinya.

Kemudian hal yang sama juga terjadi pada perusahaan konveksi di mana mereka membutuhkan daya listrik yang besar. Namun apa jadinya ketika listrik padam? Kerugian juga akan membayangi mereka karena keberlangsungan produksi yang terhambat.

  1. Segi Kelistrikan

Sudah jelas bahwa generator set merupakan mesin yang mampu menghasilkan daya listrik. Genset mengubah energi kimia yang berasal dari bahan bakar menjadi energi mekanik. Generator set juga memiliki sistem generator yang juga dapat mengubah arus DC menjadi arus AC atau sebaliknya. Arus tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyalakan listrik sesuai dengan rancangan listrik yang telah dirancang sebelumnya pada bangunan yang bersangkutan.

  1. Segi Kebutuhan

Ketika Anda mengadakan sebuah kegiatan yang bertempat di luar ruangan tentu membutuhkan aliran listrik yang cukup besar agar acara dapat berjalan lancar. Pada ruangan terbuka sulit untuk mencari sumber arus listrik terlebih kegiatan tersebut jauh dari pemukiman. Nah, saat itulah genset diperlukan untuk memenuhi kebutuhan daya listrik agar acara tidak terhambat.

Genset juga berguna bagi Anda yang sering berpetualang ke daerah hutan, naik gunung atau berkemah. Anda bisa menggunakan genset untuk menyalakan lampu, mengisi daya handphone dan kebutuhan alat elektronik lainnya. Umumnya genset yang dimanfaatkan dalam suatu kegiatan tertentu ini memiliki kapasitas daya sekitar 220 Volt hingga 300 Volt.

Ketika Anda membeli genset maka ada hal yang perlu Anda perhatikan seperti:

  • Daya

Pastikan terlebih dahulu daya yang dihasilkan oleh genset tersebut sehingga mampu memenuhi kebutuhan Anda. Apabila genset tersebut akan dipergunakan untuk kebutuhan industri maka daya yang dimiliki minimal 10% lebih besar dibanding keseluruhan daya yang digunakan ketika produksi berlangsung.

  • Bentuk

Pertimbangkan juga bentuk dari genset yang akan Anda beli. Bentuk yang dimaksud bisa dengan dipertimbangkan sesuai penempatannya. Misalnya Anda ingin meletakkan genset di luar ruangan dalam waktu yang lama atau di dalam ruangan. Umumnya genset yang diletakkan di luar ruangan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan genset di dalam ruangan.

Leave a Comment