Playground Outdoor Yang Aman Bagi Anak

Dalam memilih playground outdoor yang aman bagi anak banyak hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan, yakni meliputi tidak hanya dari sisi hardwarenya saja, atau alat-alat, equipment permainannya saja, tapi juga meliputi sisi softwarenya, yakni metode dan pengawasannya juga pengasuhnya juga.

Hardware

Dari sisi hardware alat-alat permainan yang ada haruslah terbuat dari bahan-bahan yang aman bagi anak yakni bisa berupa kayu, atau fiber atau plastik dan lain sebagainya yang didesain tidak ada bagian sudut yang tajam atau runcing yang bisa melukai anak, juga dicat dengan bahan cat yang ramah lingkungan dan aman bagi anak, seperti catnya tidak mengandung bahan merkuri atau bahan berbahaya lainnya yang jika terkelupas bisa ditelan oleh anak-anak atau bahan cat yang berbahaya jika dihirup anak dan lain sebagainya yang dapat mengganggu kesehatan anak yang menggunakan alat permainan tersebut. Selain itu juga perhatikan faktor kebersihan di wahana permainan outdoor tersebut. Debu dan kotoran dapat juga mengganggu kesehatan anak, bahkan juga bisa membahayakan dan dapat membuat cedera jika membuat terpeleset atau tergelincir saat ada kotoran yang menempel di alat permainan atau lain sebagainya. Juga perhatikan kondisi cuaca ketika anak melakukan permainan.

Software

Dari sisi software maka alat-alat permainannya haruslah dipilih yang sesuai dengan usia anak peruntukannya, dan memang didesain bagi anak seusianya, sehingga anak akan mendapat tingkat kesulitan yang sesuai porsi usianya ketika melakukan permainan tersebut, dan juga secara fisik tubuhnya, maka anak tidak akan mengalami cedera akibat memainkan permainan yang diluar kemampuan fisik tubuhnya. Tempat mainan outdoor yang baik dan terencana dan dikelola dengan baik akan sangat memperhatikan hal tersebut sehingga akan mencantumkan batasan usia yang jelas pada setiap jenis permainan yang disediakan. Juga selalu awasi anak ketika sedang melakukan permainan. Jangan sang pengasuhnya dari pihak pengawas wahana maupun dari pihak orang tua sang anak justru sibuk bermain sendiri sehingga melalaikan pengawasan kepada anak.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai playground outdoor yang aman bagi anak.

Leave a Comment