commercial cooking appliances

Apa itu Commercial Cooking Appliances?

Banyak orang masih sulit membedakan antara cooking appliances dan commercial cooking appliances. Orang yang kesulitan membedakan ini biasanya adalah orang awam yang tidak begitu tahu tentang dapur. Secara sederhana perbedaan dari kedua hal itu adalah tujuan penggunaanya.

Cooking appliances adalah alat masak untuk dapur rumah dan kebutuhan sehari – hari. Sedangkan commercial cooking appliances adalah alat masak yang ditujukan untuk usaha ataupun industri. Sebagai alat masak usaha, tentu banyak faktor yang harus dipenuhi alat masak tersebut untuk jadi alat produksi. Faktor ini contohnya, mampu mengolah makanan dalam jumlah banyak, kuat dipakai lama dan juga mudah digunakan.

Alat Seperti Apa Saja yang Tergolong Commercial Cooking Appliances?

Setiap usaha makanan tentu membutuhkan alat masak yang berbeda. Contoh saja restaurant akan memerlukan alat yang berbeda dengan bakery ataupun vendor jajanan pasar. Berdasarkan penggunaan alatnya, jenis alat masak ini bisa dibagi menjadi

  • Alat masak kompor

Berbagai alat yang merupakan variasi dari kompor. Biasanya alat ini memiliki sumber api tersendiri dengan tujuan tertentu. Contoh alat yang termasuk dalam golongan ini adalah ranges, ovens, grill dan broilers.

  • Alat Bakery

Alat – alat yang tergolong di dalam kategori ini semuanya berhubungan dengan roti dan adonan. Contoh saja seperti mixer industri, mesin pembentuk adonan, oven roti dan masih banyak lagi.

  • Perlengkapan dapur

Alat ini merupakan golongan yang meliputi semua alat – alat dapur yang kecil. Mulai dari panci, telenan, alat pemotong pasta, pisau dan alat – alat lain sejenisnya.

  • Perlengkapan kebersihan

Setiap dapur pasti memiliki alat bagian tersendiri untuk membersihkan bahan makanan ataupun peralatannya. Hal ini juga ada di dapur industri. Perlengkapan yang tergolong di dalam hal ini adalah dishwasher, set wastafel, commercial sink dan peralatan bersih – bersih lainya.

  • Storage untuk peralatan

Dapur yang baik adalah yang memiliki storage peralatan teratur. Jika semua ditaruh sembarangan, usaha tidak akan berjalan dengan efektif. Storage peralatan ini bisa berupa rak piring, tempat penyimpan pisau, gantungan panci dan tempat penyimpanan alat masak lainnya.

  • Storage untuk makanan

Storage penyimpanan makanan juga memegang peranan penting sebagai commercial cooking appliances. Tanpa alat penyimpanan ini bahan makanan mudah busuk. Tempat penyimpanan ini bisa berupa ruang pendingin, kulkas industri, cellar penyimpan rempah dan tempat penyimpanan sejenisnya.

Beberapa alat masak modern mungkin sulit dimasukkan dalam golongan alat masak di atas. Contoh saja seperti microwave dan air fryer. Walaupun begitu sebagian besar alat masak industri bisa digolongkan di 5 kategori di atas.

Bagaimana? Apakah penjelasan ini sudah jelas? Jika Anda ingin membuka usaha yang berhubungan dengan kuliner, Anda sebaiknya melakukan research untuk commercial cooking appliances yang sesuai. Hal seperti grill industri untuk steak house, alat pengolah adonan untuk bakery dan bahkan alat pembuat es krim jika Anda ingin jadi mendalami industri dessert dingin ini.

Mudah – mudahan penjelasan ini dapat membantu Anda mengetahui apa itu commercial cooking appliances. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Comment