Merawat mesin genset untuk awet

Tips dan Cara Merawat Mesin Genset dari Supplier Jual Genset Agar Lebih Awet

Supaya mesin genset selalu lancar saat akan dihidupkan dan digunakan, maka jangan lupakan perawatannya. Berbagai bagian harus senantiasa dikontrol, agar bisa bekerja dengan optimal. Nah, setelah Anda mendapatkan supplier jual mesin genset yang tepat, apa saja yang perlu diperiksa secara rutin?

Pengecekan Umum

Saat genset dinyalakan bisa saja terjadi bahaya tertentu. Nah, agar kondisi buruk itu tidak terjadi maka sangat penting untuk memeriksa berbagai bagian tertentu. Bagian yang dimaksud seperti sistem kontrol, mesin, sistem listrik aki atau DC, sistem bahan bakar, dan sistem pembuangannya. Sebagai contoh pastikan panas pipa knalpotnya tidak berlebihan, pastikan jalur bahan bakarnya tidak mengalami kegagalan fungsi, kegagalan pembakaran dan sebagainya. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mencari supplier jual mesin genset terbaik untuk meminimalisir adanya kecacatan produk.

Pengecekan Sistem Pelumasan

Level oli mesin harus selalu dicek ketika mesin gensetnya dimatikan. Agar hasil pembacaannya lebih akurat, maka matikan dulu mesinnya kemudian menunggu sekitar 10 menitan. Langkah ini sebagai cara untuk memastikan oli pada bagian atas mesinnya sudah mengalir lagi pada bak mesinnya.

Anda harus menjaga level olinya dekat dengan tanda atau dindiktor Full di dipsticknya. Caranya dengan menambahkan oli berkualitas bagus, seperti oli yang sebelumnya digunakan. Selanjutnya bisa membuang oli serta filter bekasnya secara tepat. Dengan begitu, lebih ramah terhadap lingkungan.

Pengecekan Sistem Pendingin

Level coolant atau cairan pendingin juga harus diperiksa secara rutin. Pengecekanya dilakukan saat mesinnya mati di interval tertentu. Selanjutnya Bisa melepaskan tutup radiatornya, namun pastikan mesinnya sudah dingin. Kalau diperlukan bisa menggunakan pendingin hingga tingkatan tiga perempat inchi di bawah seal penutup radiatornya.

Mesin genset berbahan bakar solar membutuhkan keseimbangan antara campuran air dan cairan pendingin. Selain itu membutuhkan aditif pendingin dan antibeku. Lakukan pengecekan juga pada bagian luar radiatornya, untuk memastikan tidak ada kerusakan. Semua kotoran harus dibuang memakai kain atau sikat lembut secara perlahan. Pastikan tidak terjadi kerusakan pada bagian sirip pendinginnya.

Pengecekan Sistem Bahan Bakarnya

Solar yang digunakan sebagai bahan bakar genset bisa mengalami penurunan kualitas seiring waktu penggunaannya. Sehingga sangat penting untuk menerapkan pemanasan mesin secara teratur. Caranya dengan menggunakan solar di dalam tangki hingga habis, sebelum terjadi kerusakan pada bahan bakar tersebut.

Kemudian filter bahan bakarnya harus dikeringkan pada interval tertentu. Uap air yang terbentuk dan mengembun di dalam tangki bahan bakar juga harus dikeringkan. Lakukan tindakan itu secara rutin, agar membantu keawetan mesin gensetnya. Sekaligus menghindari kegagalan saat genset akan dihidupkan.

Pengecekan Baterai Starting

Kemampuan baterai yang semakin lemah bisa memicu kegagalan saat mengoperasikan mesin genset. Oleh karena itu, pemeriksaan baterai starting sangat penting dilakukan. Pengujian diagnostik bisa dilakukan secara otomatis ketika gensetnya dinyalakan. Penting pula untuk selalu menjaga kebersihan baterainya. Caranya dengan menyeka memakai kain lembab.

Berikut tips-tips untuk merawat mesin genset Anda agar tahan lama. Selain itu Anda juga perlu mencari tahu keaslian produk dari supplier terpercaya yang menjual mesin genset. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment